ArtikelArtikel/Opini

Kesadaran Konsumen Terhadap Kadaluarsa Produk

Oleh : Risa Meutia Fiana, STP, MP *)

BeritaNasional.ID — Massa Kadarluarsa adalah rentang waktu di mana suatu produk dianggap dapat digunakan atau dikonsumsi tanpa mengalami penurunan kualitas yang signifikan. Mengelola kadarluarsa dengan benar sangat penting dalam industri makanan dan minuman, farmasi, serta dalam banyak aspek produksi dan distribusi barang konsumen.

Proses pengemasan, penyimpanan, dan distribusi harus dirancang untuk memperpanjang umur simpan sebanyak mungkin, sehingga produk tetap segar, efektif, dan aman bagi konsumen. Selama dalam rentang masa kadarluarsa produk harus memiliki komponen gizi sesuai dengan yang tercantum pada kemasan, tampilan, aroma dan rasa masih aman dikonsumsi.

Kesadaran konsumen terhadap kadarluarsa produk sangat penting dalam menjaga kesehatan dan keamanan mereka. Kadarluarsa menunjukkan bahwa produk mungkin telah kehilangan kualitasnya atau bahkan menjadi tidak aman untuk dikonsumsi.

Kesadaran akan kadarluarsa produk penting karena menjamin kesehatan dan keamanan pangan Kesadaran konsumen membantu mencegah konsumsi produk konsumsi produk yang berpotensi berbahaya. Produk yang kadarluarsa kemungkinan mengandung mikroorganisme yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan alergi.

Kadarluarsa merupakan salah satu jaminan mengenai kualitas produk. Produk yang telah kadarluarsa akan mengalami penurunan mutu seperti cita rasa, aroma, tekstur dan kandungan gizi. Konsumen yang sadar akan pentingnya memperhatikan batas kadarluarsa cenderung menghindari produk-produk yang sudah dekat tanggal kadarluarsanya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan komponen gizi serta organolpetik yang optimal dari produk.

Dengan menghindari produk yang kadarluarsa maka konsumen dapat melakukan penghematan. Konsumen dapat menhindari pemborosan uang dalam membeli makanan yang telah mengalami penurunan kualitas dan kemungkinan besar tidak akan mereka habiskan sebelum masa kadarluarsa. Pemborosan produk yang kadarluarsa juga berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Dengan hanya membeli produk yang diperlukan dalam mengkonsumsi kita telah dapat mengurangi limbah yang berasal dari makanan.

Kesadaran konsumen dapat ditingkatkan melalui edukasi kepada konsumen mengenai pentingnya memperhatikan kadarluarsa sebelum membeli produk. Edukasi dapat dilakukan dengan menggunakan media massa seperti iklan layanan masyarakat, media social serta menanamkan budaya penghargaan terhadap makanan dan produk yang memiliki kualitas yang baik.

Pemanfaatan teknologi seperti aplikasi dan sensor pada kemasan yang membantu mengindentifikasi penurunan mutu dapat mebantu konsumen dalam menentukan pilihan dengan cepat sehingga terciptalah budaya konsumen cerdas sebelum membeli.

Editor : Ay

*) Biodata Penulis :
Nama : Risa Meutia Fiana, STP, MP
Profesi : Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas
E-mail : risameutiafiana@ae.unand.ac.id

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button