Daerah

Peringati Hardiknas 2024, Bupati Jember Luncurkan  Dua Program Transportasi Gratis: Anak Senja dan Angkutan Jelita

BeritaNasional.ID, JEMBER JATIM – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)  tahun 2024 ini menjadi istimewa bagi kaum pelajar dan masyarakat umum Kabupaten Jember. Pasalnya, Bupati Jember Jawa Timur Hendy Siswanto meluncurkan Angkutan Sekolah Gratis (Anak Senja) dan Angkutan Jember Keliling Kota (Jelita) bersamaan dengan Peringatan Hardiknas yang digelar di Alun-alun Jember, Kamis (2/5/2024) pagi.

Dua angkutan gratis tersebut diharapkan dapat menunjang kelancaran siswa saat berangkat maupun pulang dari sekolah. Begitu juga dengan Jelita, dimaksudkan untuk membantu meningkatkan pengembangan pariwisata lokal.

“Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional di Tanggal 2 Mei 2024 ini Alhamdulillah kita akan launching Angkutan Sekolah Gratis (Anak Senja) dan Angkutan Jember Keliling Kota (Jelita). Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, Hari ini saya launching Angkutan Sekolah Gratis dan Angkutan Jember Keliling dapat dilaksanakan dan diberangkatkan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Agus Wijaya mengungkapkan, diluncurkannya program Anak Senja dan dan Jelita dimaksudkan untuk menunjang kelancaran pendidikan dan pengembangan pariwisata di kota tembakau ini.

“Kami mengundang semua pihak untuk turut serta dalam mendukung dan memanfaatkan program ini,” ujarnya.  Agus menambahkan, pihaknya bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sistem transportasi publik di Kabupaten Jember.

“Misi kami adalah untuk menyediakan layanan transportasi yang aman, terjangkau, dan berkelanjutan bagi masyarakat,” tambahnya. Anak Senja adalah kepanjangan dari Anak Keren Sekolah Antar Jemput Angkot.

Dari namanya dikandung arti bahwa antar jemput  ke sekolah dengan menggunakan angkot adalah keren. Tak perlu bermotor apalagi bermobil. Saat ini, 32 armada sudah beroperasi dari total 41 armada yang disiapkan.

Sebanyak 13 sekolah yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Jember telah mendapatkan manfaat dari program Anak Senja. Ke-13 sekolah tersebut  tersebar di Kaliwates, Patrang, Sumbersari, Mayang, Pakusari, dan Ambulu.

Sedangkan untuk  Angkutan Jelita diproyeksikan untuk melayani masyarakat yang ingin tahu tentang destinasi wisata di kota Jember dan sekitarnya. Mereka besa berkeliling tanpa dipungut ongkos (Aryudi AR/Advertorial/Bernas).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button