Politik

KPU Bone Bolango Gunakan Kopino Sebagai Maskot Pilkada 2024

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO — KPU Kabupaten Bone Bolango meluncurkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango pada Jum’at (3/5/2024).

Selain meluncurkan tahapan Pilkada tersebut, KPU Kabupaten Bone Bolango juga meluncurkan Koloni sebagai maskot Pilkada 2024.

Nama Kopino adalah akronim dari Kopi Pinogu, yaitu kopi khas Bone Bolango yang ditanam secara organik di dataran tinggi Kecamatan Pinogu sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Bone Bolango.

KOPINO sendiri memiliki kepanjangan Kontestasi Pilkada Bone Bolango yang bermakna sebagai upaya yang sah untuk mendapatkan legitimasi dari rakyat untuk menjadi pemimpin Bone Bolango melalui pemilihan secara langsung.

Berikut penjelasan atas komponen-kompenen Maskot Kopino.

– Upiya Karanji/Upiya Ilalamo:
Songkok terbuat dari anyaman rotan merupakan songkok khas Gorontalo yang digunakan oleh masyarakat umum hingga pejabat daerah baik dalam hajatan biasa maupun kegiatan adat. Songkok melambangkan kharisma kepemimpinan.

– Kopi
Keseluruhan wajah maskot adalah kopi yang melambangkan produk lokal yang memiliki potensi pasar yang besar untuk menghasilkan PAD.

– Takowa
Pakain yang dikenakan dalam kegiatan-kegiatan resmi daerah dan kegiatan adat yang melambangkan kebesaran dan keagungan. Takowa dilengkapi dengan sarung yang dililitkan di perut.

– Logo KPU
Lambang Lembaga Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan.

– Tulisan KPU Bone Bolango
Tulisan KPU Bone Bolango sebagai Lembaga Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan di tingkat kabupaten, dibuat dalam sulaman khas Gorontalo yaitu KARAWO sebagai salah satu produk lokal yang memiliki potensi pasar yang besar untuk menghasilkan PAD.

– Paku
Sebagai alat coblos dalam pilkada.

– Surat Suara
Melambangkan aspirasi pemilih/rakyat yang disalurkan melalui pemungutan suara di TPS.

Maskot KOPINO itu sendiri merupakan hasil kreatifitas dari anggota KPU Kabupaten Bone Bolango.

(Tiansi/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button